Travelling: Pengertian, Manfaat, Tips Travelling

Ilustasi seorang traveller (Unsplash)

Pasti banyak dari kalian yang suka/hobi travelling ke suatu tempat yang menjadi destinasi tujuan kalian untuk “refreshing” melihat indahnya alam ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Hobi travelling memang sering dilakukan setiap orang, terutama anak-anak muda seperti saya :D.

Tujuan destinasi untuk travelling bisa kalian mencari melalui situs Google, Instagram (ada tempat yang viral), Facebook, dan situs-situs lainnya. Juga ada aplikasi travelling yang saat ini banyak dipake orang untuk beli tiket hotel, pesawat, kereta api meliputi: Traveloka, PegiPegi, Agoda, dan aplikasi travelling lainnya.

Di Indonesia ada salah satu tempat yang menjadi tujuan utama destinasi warga, bahkan turis sekalipun, apa itu? Yap, Bali sebuah pulau yang memiliki banyak pantai dengan pemandangan eksotik, karena itu banyak bule berdatangan ke Bali sambil berjemur di pantai atau menikmati makanan dan budaya di Bali.

Tapi sebenarnya Indonesia memiliki beragam destinasi yang wajib kalian kunjungi, karena Indonesia negara kepulauan dan pasti ada destinasi-destinasi tersembunyi dengan pemandangan “sangat berharga” dan tempatnya bagai “harta” bagi Indonesia.

Nah kali ini kita ulas seluk beluk travelling, mulai dari: pengertian, manfaat, sampai tips yang bermanfaat buat kalian. Tips apa sih? Ayo cari tau.

Pengertian Travelling

Apa itu travelling? Travelling adalah kegiatan mengunjungi sebuah tempat tujuan atau destinasi untuk wisata (liburan/holiday) sekaligus kita mengetahui tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan objek sekitar, seperti: tumbuhan, hewan, masyarakat. Nah kita sebagai pelaku yang melakukan traveling itu disebut traveller.

Nusa Penida Bali cocok buat tempat travelling
Nusa Penida, tempat favorit traveller

Kegiatan travelling juga bisa dijadikan hobi karena merupakan kegiatan yang menyenangkan dengan keliling ke kota, plesir makanan tradisional, mendaki gunung, hingga menikmati sunset di pantai yang indie hehe.

Hobi travelling juga dimanfaatkan anak jaman now untuk selfie, atau sekedar memfoto objek yang kemudian di share menggunakan sosial media, seperti: Instagram, Facebook, Whatsapp, dan Twitter. Nah sosial media juga membantu tempat wisata lebih terkenal dan yang sebelumnya sepi menjadi rame serta membantu perekonomian sekitar tempat wisata itu juga.

 

 

Manfaat Travelling

Travelling bersama teman
Travelling bersama teman

Apa saja manfaatnya travelling? Manfaat travelling banyak dan bukan sekedar senang-senang aja, masih ada manfaat yang lainnya. Salah satunya kita bisa tau tempat yang belum kita kunjungi sebelumnya. Apa lagi selain itu? Penasaran, ayo dibaca.

  • Dapat teman baru

Saat kita travelling ke suatu tempat, pastilah kita bertemu dengan orang-orang yang asing bagi kita apalagi bagi solo traveller pasti perlu teman untuk sekedar ngobrol. Nah hal itu yang membuat kita ingin berkenalan dan merubah orang yang kita anggap “asing” menjadi teman bahkan bisa jadi pacar hihi.

  • Belajar kebudayaan baru

Kita saat travelling juga bisa belajar secara langsung kebudayaan orang-orang lokal yang ada disana. Kita bisa mempelajari adatnya, mulai dari: sejarah, oleh-oleh, bangunan, dan masih banyak lagi. Jadi traveller gak cuman foto atau jalan-jalan doang karena kita bisa mendapat ilmu dan wawasan juga.

  • Menjadi orang yang cepat beradaptasi

Emang sih dengan kita yang sering travelling pasti mengalami suasana yang berbeda, dan kadang tidak berjalan sesuai keinginan atau kondisi yang mengharuskan kita untuk menyesuaikan. Apabila kita mampu beradaptasi dengan baik akan membantu kita menikmati hidup serba tidak pasti dan kita secara otomatis belajar menjadi pribadi yang bisa beradaptasi dengan lingkungan apapun. Itu berguna banget dalam menjalani hidup kita.

  • Meredakan stres

Travelling sering dilakukan untuk sekedar istirahat dari sibuknya pekerjaan yang dapat meredakan stress, penat, pusing. Karena saat travelling kita melihat pemandangan yang hijau, gemercik air, udara yang segar karena hal itu yang mampu menaikkan moodbooster dan memperbaiki psikis kita.

  • Mendapatkan banyak inspirasi

Inspirasi datang saat pikiran jernih dan tenang, dengan travelling lah salah satu cara yang bisa kalian lakukan. Mungkin saat kalian liburan atau jalan-jalan kalian melihat sesuatu yang bisa dijadikan inspirasi nantinya.

  • Meningkatkan percaya diri

Travelling ke tempat yang baru dan kamu belum pernah kesana sebelumnya, akan timbul rasa kemandirian, tanggung jawab, kebebasan pada diri kamu di setiap tantangan. Apabila tantangan berhasil kamu selesaikan itu menjadi modal pengalaman kamu di perjalanan ata travelling lainnya dan otomatis kamu lebih percaya diri.

  • Mengasah komunikasi (interpersonal)

Dengan kita travelling bertemu dengan orang baru itu akan menantang diri kita untuk berani berbicara atau komunikasi dengan orang yang akan kita temui. Apabila kalian memanfaatkan hal ini, nantinya kalian akan lebih mudah berbicara dengan orang asing yang baru kenal, misalnya: saat kalian mau tanya jalan, tanya lokasi tempat makan, dan lain sebagainya.

  • Pandangan dan pikiran lebih terbuka

Saat kita mengalami situasi yang baru, bertemu orang baru, lingkungan baru saat travelling itu akan meningkatkan “pandangan” kalian lebih terbuka juga membuat kita lebih memahami apa yang kita alami dengan pikiran yang terbuka (open minded).

 

 

Hobi Travelling Yang Bisa Mendapatkan Penghasilan

Fotografer travelling
Fotografer sambil travelling

Mungkin bagi kalian yang suka jalan-jalan tapi ingin ada penghasilan, jadi bukan sekedar travelling semata. Ini ada rekomendasi pekerjaan yang cocok buat kalian yang hobi travelling. Apa aja sih? Cek dibawah.

  • Tour Guide

Tour Guide atau pemandu wisata merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk memberikan bantuan, informasi, petunjuk tentang objek, dan membantu keperluan wisatawan. Di Indonesia untuk bisa menjadi tour guide, harus mengambil sertifikat dari HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) yang sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

  • Fotografer

Daripada foto-foto doang disimpen sampai jamuran, sapa tau foto kalian adalah karya yang menjual. Nah apabila kalian saat travelling suka foto objek panorama, binatang, tumbuhan kalian bisa jadi fotografer. Usahakan foto tidak asal-asalan juga, tapi “bernilai seni”. Hasil foto harganya bisa jutaan lo. Ada beberapa situs tempat jual beli gambar, salah satunya shutterstock. Cobain aja, sapa tau passion kalian disitu.

  • Travel Agent

Apabila tadi ada tour guide, nah kali ini ada peluang kerja sebagai travel agent yang sangat cocok buat kamu yang suka travelling. Jika sebelumnya kamu pernah bekerja sebagai tour guide, ilmu dan pengalaman tour guide bisa kamu kembangkan dengan mencoba membuka bisnis travel agent. Travel agent adalah seorang penyedia tur, tentunya harus mengetahui apa aja tentang travelling. Jadi kesempatan buat kamu yang suka travelling bisa jadi peluang nih.

  • Travel Writer

Travel writer adalah pekerjaan yang mengulas informasi destinasi wisata, mulai dari: akomodasi (biaya), transportasi, kuliner, hingga hal-hal yang terjadi saat perjalanan (pengalaman perjalanan). Ulasan yang ditulis ini dimasukkan ke dalam blog pribadi dengan menambahkan foto hasil jepretan sendiri untuk mempercantik artikel. Jika artikel ramai dikunjungi, biasanya penulis mendapatkan uang dari iklan yang dipasang. Nah bagi kalian yang suka nulis, gak ada salahnya untuk coba kan.

 

 

Perbedaan Travelling dan Liburan

Menikmati liburan di pantai
Menikmati liburan di pantai

Apa sih perberdaan travelling dan liburan? Travelling dan liburan sekilas tidak ada perbedaanya, malah kegiatan yang dilakukan sama, yakni jalan-jalan/melancong. Tapi, sebenarnya diantara kedua tersebut ada perbedaan yang mungkin belum kalian ketahui. Ini dia perbedaannya:

  • Perbedaan Tujuan

Travelling dan liburan sebenarnya memiliki tujuan yang berbeda. Liburan sudah pasti tujuan mencari hiburan/kesenangan, melepas kebosanan. Juga terkadang liburan bersama keluarga danke tempat khusus liburan, salah satunya kebun binatang. Sedangkan travelling tidak hanya melepas penat/bosan, tapi juga mencari inspirasi, menemukan jatidiri, dan bisa dilakukan sambil bekerja.

  • Perbedaan Waktu

Perbedaan kedua ini mengenai waktu. Jika liburan biasa dilakukan saat hari libur/tanggal merah karena namanya liburan, jadi dilakukan saat hari libur bukan hari kerja. Sedangkan travelling bisa dilakukan kapan saja, tanpa harus menunggu hari libur sesuai keinginan kita. Mantap kan.

  • Perbedaan Akomodasi

Pengeluaran biaya (akomodasi) pada liburan dan travelling itu berbeda. Saat liburan akomodasi yang dikeluarkan untuk hal yang menyenangkan, cepat, tidak ribet, dan kenyamanan. Salah satu contoh pengeluaran saat liburan, yaitu: menginap di hotel bintang 5. Jika travelling akomodasi yang dikeluarkan biasa aja (seperlunya). Karena itu pengeluaran saat liburan jauh lebih besar daripada travelling.

  •  Perbedaan Dalam Mengabadikan Kenangan

Di perbedaan terakhir ini mengenai cara mengabadikan momen/kenangan di suatu destinasi. Jika liburan banyak orang yang mengabadikan momen dengan cara berfoto, apabila sendiri biasanya selfie atau bila bersama keluarga foto bersama dengan latar belakang objek yang “ikonik” disana. Sedangkan saat travelling biasanya lebih suka menulis momen kedalam cerita/artikel dan lebih membahas tentang pengalaman perjalanannya.

 

 

Tips Packing Travelling Yang Efisien

Packing traveller
Persiapan packing saat travelling

Sebelum kalian travelling ke suatu tempat, pasti kalian menyiapkan barang yang akan dibawa, seperti: perlengkapan diri, kamera, charger, powerbank dan memakan waktu yang cukup lama dan terkadang kalian bingung barang yang akan dibawa. Nah daripada bingung mending baca tips packing agar kalian gak bingung lagi. Cek dibawah.

  • Buat Daftar Barang Yang Akan Dibawa

Hal pertama nih yang harus kamu lakukan, yakni membuat daftar barang yang akan dibawa agar tidak bingung yang bakal memakan banyak waktu. Pastikan juga kamu mengetahui barang yang akan kamu butuhkan nantinya saat travelling dan bawa barang seperlunya agar tidak berat saat membawanya.

  • Pilih dan Susun Barang Yang Diprioritaskan

Penyusunan barang juga penting saat travelling agar tidak kesulitan saat mencari barang di ransel. Nah, cara menyusunnya kalian pastikan barang yang memang kalian prioritaskan, seperti: baju, peralatan mandi sebisa mungkin terletak diatas agar kalian mudah mengambilnya dan efisien waktu.

  • Kelompokkan Barang Yang Kamu Bawa

Pastikan ransel kalian banyak saku untuk menyimpan berbagai jenis barang. Nah, selanjutnya kelompokkan barang kamu sesuai kegunaan, yang terdiri dari: pakaian, peralatan mandi, barang elektronik, dll. Sebisan mungkin 1 kategori barang di 1 saku ransel, agar tidak tercampur dan mudah saat mencarinya.

  • Bawa Tas Kecil Untuk Barang Yang Sering Dipakai

Selain ransel untuk membawa barang saat travelling, jangan lupa bawa tas kecil juga. Tas kecil ini bisa diisi benda yang sering kalian pakai, misalnya: smartphone, dompet, tiket, dan benda lainnya. Dengan adanya tas kecil mempermudah kalian tanpa harus bongkar-bongkar ransel.

  • Gulung Pakaian Untuk Hemat Space Ransel

Biasanya saat kita menaruh pakaian di ransel dengan cara menumpuk, padahal cara itu akan membuat ransel terlihat penuh yang harusnya masih bisa ditambah benda lainnya. Karena itu tidak salahnya jika kita menggulung pakaian satu per satu. Selain bisa hemat tempat, juga mudah untuk disusun, lebih rapi, dan mudah diambil jika diperlukan.

Nah, gimana artikel travellingnya? Semoga bermanfaat buat kalian dan jangan lupa share ke teman kalian 🙂

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Jahe: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuat - Mix Artigo - Daily Mix Article
  2. Apa itu ayam bangkok, jenis-jenis, sejarah, dan asal usulnya - Mix Artigo - Daily Mix Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*