Tips Print Bahan ABS pada Printer 3D

Sudah beberapa minggu saya mencoba untuk pertama kali mesin 3D Printer. parahnya saya mencoba printer tersebut dengan bahan ABS sebagai langkah awal pemula. Saya kira bahan ABS untuk printer 3D ini sama saja seperti bahan lainnya seperti bahan PLA, ternyata bahan ABS untuk bahan printer 3D ini agak tricky untuk dicetak.

Pada awalnya saya gagal beberapa kali untuk mencetak ABS ini, lebih sering yang terjadi adalah bahan yang sudah dicetak, bagian dasar dari model 3D yang mau saya cetak tersebut terangkat bawahnya sehingga melengkung ke atas. hal ini terjadi karena bahan ABS tidak menempel sempurna pada permukaan 3D printer dan perbedaan panas yang terjadi antara permukaan heatbed, bagian ABS yang sudah dingin dan bagian ABS yang masih panas sehingga terjadi pengkerutan, atau istilah bule nya itu warping.

Ada beberapa tips umum yang akhirnya saya dapatkan dari toko yang saya beli printernya dan dari pencarian di internet yang saya ulik dari bahan yang ada di rumah dan mudah dicari di toko online.

Tips pertama adalah menyesuaikan suhu nozzle dan suhu heat bed nya. nozzle harus diatur di antara 230 sampai 250 derajat selsius yang biasanya saya ambil settingan default dari Cura itu 240 derajat dan suhu heat bed itu di angka 80an derajat.

Tips yang pertama belum tentu berhasil, karena saya pun masih saja mendapati kegagalan warping pada hasil print. akhirnya saya mencari tahu bagaimana agar suhu pencetakan tidak mengakibatkan warping, yaitu dengan menggunakan enclouser agar suhu di dalam box konstan. tapi saat dilihat di toko online, waduh harga enclouser ini lumayan juga.

Akhirnya saya membuat sendiri enclouser murah meriah, yang dibutuhkan adalah bubble aluminium foil secukupnya yang dapat menutupi 5 sisi printer, sehingga seperti tudung enclouser. pada akhirnya mencetak bahan ABS pada printer 3D berhasil dengan sempurna.

 

Kesimpulannya, atur suhu nozzle di antara 230-250 dan suhu heat bed di antara 80-90, lalu pakai enclouser agar suhu saat mencetak konstant dan tidak terganggu oleh angin dingin yang dapat mengakibatkan warping.

Harga aluminium bubble itu kalau ga salah cuma 16rb saja per meter. lebih murah daripada harus keluar uang besar hanya untuk tudung printer.

 

Maaf fotonya belum.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*