Printer Yang Menggunakan Serbuk Pigmen

Printer Serbuk Pigmen

Berbicara tentang printer bagi Kita orang awam memang ada beberapa hal yang tidak kita ketahui apalagi dalam keseharian kita tidak bersentuhan dengan kegiatan misalnya administrasi yang memerlukan cetak-mencetak segala macam dokumen melalui printer dan komputer.

Pernah atau tidak melihat printer yang mencetak dengan serbuk berwarna maupun serbuk hitam saja? apakah ada printer yang menggunakan serbuk (pigmen)? Lalu, apa nama printer yang menggunakan serbuk dalam pencetakannya? proses apa sehingga serbuk dapat mencetak pada media kertas?

Saya beri satu contoh hasil cetakan dari printer yang menggunakan serbuk pigmen, pernahkah Anda memfotokopi dokumen pribadi misalnya kartu keluarga atau KTP di sebuah toko fotokopi yang menggunakan mesin dengan merek Canon, Fuji, dsb? Jika ya, pernahkah anda mencoba meraba-raba hasil cetakannya? nah kalau dirasa hasil cetaknya seperti efek embozz, itu menggunakan serbuk cetaknya.

Pada printer, printer yang menggunakan serbuk untuk mencetak adalah jenis printer laserjet, sistemnya adalah sebuk ditarik oleh magnet lalu ditempelkan pada kertas dan dipanaskan oleh heater. printer laserjet memiliki 2 jenis, ada yang monochrome dan juga ada yang multi warna. biasanya yang berwarna itu ada 3 warna serbuk tambahan selain warna hitam dan sistemnya lebih rumit karena penggunaan unit cartridge pada masing-masing warna yang berbeda.

Serbuk pigmen ini biasanya disebut dengan nama lain yaitu “toner”. toner ini berupa serbuk bubuk warna khusus untuk printer, tiap merek printer laserjet serbuknya tidak sama. tidak seperti dye pigmen yang berupa cair yang dimana kita bisa menggunakan pewarna basis air ini pada merek printer lain. (baca: Apa bisa toner laserjet beda merek?)

Seperti yang sudah saya jelaskan, mesin fotokopi juga menggunakan serbuk toner sebagai bahan untuk mencetak pada media kertas.

Sebenarnya harga dari serbuk ini jika menggunakan serbuk asli tidak sebanding biaya per cetak dibandingkan dengan printer yang menggunakan tinta water base. biaya cetak pada printer laserjet atau yang menggunakan bubuk pigmen ini bisa mencapai 1500 rupiah per lembarnya.

Kelebihan penggunaan serbuk untuk mencetak dokumen adalah tahan air. sementara kelemahannya adalah jika kertas terlalu sering dilengkungkan atau dilipat maka serbuk yang sudah menempel dan tercetak akan rontok dan dokumen akan rusak.

Untuk mengakali biaya cetak yang mahal, biasanya printer dengan serbuk ini diganti dengan serbuk universal dan diisi sendiri. harga serbuk universal sendiri di tokopedia cukup murah, ada yang 250 gram sampai ukuran 1 kilo gram. hanya saja perlu keahlian untuk mengisi ulangnya sendiri dan kehati-hatian saat menangani serbuk yang berbahaya bagi kesehatan bila terhirup.

1 Trackback / Pingback

  1. Limbah Yang Terdapat Pada Printer - Mix Artigo - Daily Mix Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*