Obat Snot Untuk Ayam Bangkok atau Ayam Aduan dan Cara Mengobatinya

Obat Snot Ayam Bangkokatau Ayam Aduan dan Cara Mengatasinya

Selama saya memelihara ayam bangkok udah banyak masalah yang muncul, salah satunya adalah masalah penyakit. Ayam bangkok atau ayam aduan sejatinya diusahakan untuk tetap fit dan prima saat tanding. Tetapi yang namanya penyakit pasti muncul secara tiba-tiba meskipun sudah dijaga semaksimal mungkin.

Penyakit yang saya bahas ini adalah snot. Snot atau ngorok itu bisa dibilang merupakan penyakit yang sering dialami ayam atau unggas lainnya. Ayam atau unggas memang rentan terserang penyakit ini seperti flu, radang, dll.

Tetapi jangan khawatir, penyakit snot itu bisa dicegah dari awal dengan mengetahui ciri-ciri dan penyebabnya. Untuk penyebab, ciri-ciri, obat, dan cara mengatasinya saya akan jelaskan dibawah.

Ciri-ciri Ayam Bangkok atau Ayam Aduan Snot

Ciri-ciri atau gejala ayam terkena snot sebagai berikut:

  • Ayam terlihat mengantuk
  • Kesulitan bernafas
  • Terdengar seperti suara ngorok
  • Muncul lendir di hidung ayam dan bau menyengat
  • Mengeluarkan cairan pada mata
  • Mata pada ayam bewarna putih
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah kedinginan
  • Pertumbuhan ayam terhambat
  • Ada benjolan/dugal pada daerah pipi ayam

 

Penyebab Ayam Bangkok atau Ayam Aduan Snot

Penyakit snot (coryza) yang terjadi pada ayam disebabkan oleh bakteri Haemophilius gallinarum. Bakteri ini bersifat anaerob fakultatif, yaitu bisa hidup dengan oksigen atau tanpa oksigen. Bakteri tersebut bisa muncul salah satunya karena tempat ayam atau kandangnya lembab.

Coryza atau snot ini mudah menyerang pada hewan unggas seperti ayam, burung terutama bagian sistem pernapasan. Selain itu juga penyakit tersebut menyerang ayam tidak memandang usia. Parahnya jika snot nya menyerang ayam yang sedang masa bertelur. Akibatnya produksi telur menurun 10%-40%.

Penyakit ini juga mudah menyebar atau menular ke ayam yang lain. Sehingga jika mengetahui tanda-tanda atau gejala seperti yang saya tulis diatas segera disembuhkan agar tidak semakin parah.

 

Obat Ayam Bangkok atau Ayam Aduan Snot

Daftar obat snot untuk ayam saya pisah menjadi 2 bagian, yaitu obat alami dan obat buatan.

Obat Alami

A. Bawang putih

Kandungan yang terdapat pada bawang putih seperti antioksidan dan antivirus akan membantu penyembuhan pada snot ayam. Selain itu dengan adanya antioksidan membuat semakin kebal terhadap penyakit. Sehingga tidak timbul penyakit baru

B. Bawang merah

Selain bawang putih juga bisa pakai bawang merah. Bawang merah yang sering dipakai buat bahan masakan karena khasiat atau manfaat nya baik buat manusia juga bisa untuk ayam. Nutrisi yang ada di dalam bawang merah bisa menambah imun dan membantu penyembuhan parasit pada ayam.

C. Kunyit

Bumbu dapur lainnya yang bisa dipakai untuk menyembuhkan ayam, yaitu kunyit. Sejak lama kunyit sudah dikenal mampu menyembuhkan penyakit secara alami dan tradisional seperti halnya snot ini. Zat antioksidan di kunyit menambah daya tahan tubuh ayam. Selain itu juga bisa menambah nafsu makan karena ayam yang terkena snot nafsu makan berkurang.

D. Jahe

Terakhir, rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi yaitu jahe. Jahe sendiri dengan melimpahnya khasiat sangat bermanfaat buat keesembuhan penyakit pada ayam. Sebagai obat alami dan tradisional jahe mampu membantu menyembuhkan dan mencegah penyakit pada ayam atau hewan unggas.

Obat Buatan

A. Trimezyn-S

Obat yang saya pakai untuk membantu menyembuhkan snot, yaitu Trimezyn-S. Trimezyn-S merupakan obat buatan dari Medion yang sudah terpercaya menyembuhkan penyakit pada ayam seperti: pilek, snot, radang, dll. Harganya juga terjangkau dan mudah ditemui di tempat-tempat jual pakan ayam atau unggas.

Harga Trimezyn-S:

  • Trimezyn-S 10gr: Rp. 3.500
  • Trimezyn-S 100gr: Rp. 27.000
  • Trimezyn-S 250gr: Rp. 65.000

B. Anti Snot & CRD

Sama halnya dengan obat diatas, obat Anti Snot & CRD ini juga spesialis penyakit pernapasan seperti snot. Bedanya obat ini berupa kapsul dan serbuk, tergantung berat kemasannya. Kalau soal harga juga terjangkau ada beberapa varian berat kemasannya, seperti:

  • Anti Snot & CRD kapsul (isi 10) 10gr: Rp. 4.500
  • Anti Snot & CRD serbuk 100gr: Rp. 26.000

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah

 

Cara Mengobati Ayam Bangkok atau Ayam Aduan Snot

A. Bawang merah, bawang putih

1. Potong tipis bawang putih atau bawang merah dan secukupnya karena penggunaannya dikit. Sekitar 3-5% pemakaian bawang. Memang sedikit campuran bawang ke pakan ayamnya.
2. Setelah itu campur dengan pakan ayamnya
3. Aduk hingga merata, dan berikan ke ayam yang sakit

Lakukan cara diatas berulang-ulang hingga sembuh

B. Jahe, kunyit

Kalau jahe dan kunyit ada 2 cara yang biasanya saya lakukan, seperti:

Untuk pakan:

1. Potong sedikit jahe atau kunyit, karena pemakaiannya hanya sedikit sekitar 3%
2. Parut hingga halus potongan jahe atau kunyit
3. Campur parutan jahe atau kunyit ke pakan ayam hingga merata
4. Berikan ke ayam yang sakit

Untuk minum:

1. Potong tipis jahe atau kunyit. Pemakaiannya juga sedikit sekitar 3%. Jadi usahakan memotongnya bener2 sedikit.
2. Siapkan air 1-2 liter yang sudah di wadah minum, lalu masukkan potongan jahe atau kunyit
3. Aduk sedikit hingga larut

Lakukan cara diatas berulang-ulang hingga sembuh

C. Trimezyn-S

Untuk pemakaian obat Trimezyn-S ini dilarutkan ke minum ayam. Obat Trymezyn-S merupakan jenis serbuk dan dilarutkan kedalam air dengan takaran 1-2 liter. Pemberian obat ini sebaiknya selama 3-5 hari berturut-turut.

D. Anti Snot & CRD

1. Kapsul

Obat kapsul anti snot ini cara pemberiannya dengan dicekokkan ke mulut/paruh ayam cukup 1 kapsul 2x sehari. Untuk pemakaiannya berturut-turut selama 4-5 hari. Cara yang saya jelaskan sesuai prosedur dari obatnya.

2. Serbuk

Kalau serbuk pemberiannya dengan dilarutkan ke air dengan takaran 1-2 liter dan diberikan selama 3-5 hari berturut-turut.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Kampung Dilihat Dari Fisiknya - Mix Artigo - Daily Mix Article
  2. Obat Radang Tenggorokan Ayam dan Cara Mengobati Pada Ayam Bangkok - Mix Artigo - Daily Mix Article
  3. Cara Merawat Ayam Yang Baik dan Benar - Mix Artigo - Daily Mix Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*