Memilih Antena STB? Apakah perlu Booster Sinyal?

Sudah cukup lama saya coba-coba STB di rumah, kadang-kadang ada yang membutuhkan bantuan untuk instalasi STB juga dari tetangga. Yang membuat bingung adalah pertanyaan seperti: Apakah jenis antena yang dipakai set top box ini juga harus antena khusus digital atau bisa menggunakan antena TV biasa atau antena TV analog bekas TV sebelumnya?

Saya juga awalnya sampai membeli antena-antena TV dengan embel-embel “Antena TV Digital”, dengan harga yang tentu saja cukup mahal saat ini. cukup mahal dalam artian kualitas dari antena tidaklah begitu baik dibandingkan harga soalnya.

Seperti pada gambar di atas, antena yang saya beli tidak jauh dari bentuknya yang seperti itu, kabel yang kecil, dan bagian antena seperti lembaran hitam tipis. Biasanya merek yang ada adalah taffware.

Antena seperti itu menurut saya jelek dalam menangkap sinyal TV digital, maka dari itu memerlukan alat tambahan yang berupa Booster sinyal. Memang benar ada perubahan, di mana sinyal yang didapat meningkat cukup tinggi. akan tetapi tentu kita akhirnya mengeluarkan biaya lagi untuk membeli booster tersebut.

Untuk memilih antena TV digital:

  • sebaiknya gunakan antena TV biasa dengan kabel yang tebal
  • panjangnya setidaknya 5 meter
  • lalu antena ditempatkan di atas rumah atau di genteng
  • berarti pilih tipe antena outdoor yang pada umumnya ada di pasaran.

For your info, memilih antena TV digital tidak harus membeli antena yang khusus untuk TV digital yang harganya selangit, cukup beli/pakai antena TV biasa saja yang mumpuni, jangan pakai antena TV indoor atau kabel terlalu pendek, karena hasil sinyalnya bakal kurang bagus.

—————

Akhirnya saya juga mencoba memotong kabel antena taffware tersebut, dan ternyata, kabelnya jelek, kecil dan tipis, pantas saja kualitas sinyal yang didapat tidak mampu menangkap sinyal siaran TV digital, bahkan terkesan sering ngelag menggunakan antena tersebut. sebaiknya menghindari membeli Antena seperti ini, dan juga hindari antena indoor dengan kabel yang terlalu pendek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*