Limbah Yang Terdapat Pada Printer

Limbah Printer

Selamat pagi

Kira-kira apakah suatu printer rumahan itu memiliki limbah atau tidak? apakah limbah printer tersebut harus dibersihkan? bagaimana cara membersihkan limbah printer? apa yang akan terjadi jika limbah printer tidak dibersihkan? apakah masih bisa digunakan printer yang sudah lama limbahnya tidak dibersihkan? Itulah beberapa pertanyaan orang-orang seputar limbah printer.

Ketika membeli printer, biasanya orang awam hanya akan terfokus pada hasil dari cetakan sebuah printer, dan terkadang lupa pada limbah apa yang akan dihasilkan oleh sebuah printer. Di sini saya akan menjelaskan limbah dan sampah apa saja yang akan dihasilkan oleh sebuah printer inkjet maupun laserjet. termasuk tipe inkjet cartridge dan tipe infus.

Printer Inkjet

Pada printer inkjet, pada umumnya dihasilkan limbah berupa cairan pewarna, berupa cairan pewarna yang terbuang saat proses printing dan saat proses head cleaning. limbah cair ini awalnya akan diserap dahulu melalu busa yang berada di bawah sebuah printer. biasanya baut dari kotak busa ini akan disegel dan bilamana berani dibuka akan menghanguskan masa garansi printer.

Bila kapasitas busa sudah tidak dapat menampung sisa-sisa tinta, maka tinta akan keluar dan berceceran pada bagian bawah printer. sebaiknya segera service untuk mengganti tintanya di service resmi.

Apakah limbah pewarna tersebut berbahaya? limbah tinta yang biasanya ada pada printer rumahan adalah tinta yang menggunakan air sebagai bahan dasar pembuatnya, beberapa pembuat tinta mungkin memasukkan beberapa unsur kimia pada tinta tersebut, sebaiknya segera cuci bagian badan yang terkena tinta meskipun tidak ada efek yang berbahaya sama sekali.

Lalu masih dalam printer bertipe inkjet (tinta cair) ini, jika printer masih menggunakan model cartridge atau model yang masih menggunakan kotak tinta kecil yang dipasang di dalam mesin printer. maka jelas kotak tersebut yang berisi tinta akan menjadi limbah setelah habis digunakan.

Printer Laserjet

Pada printer laserjet, adakah yang tahu ini printer jenis apa? printer jenis ini merupakan printer yang menghasilkan cetakan menggunakan laser. baca lebih lanjut tentang laserjet.

Pada printer laserjet, limbah yang dihasilkan adalah bubuk toner bekas yang kotor. kotor karena sudah dipakai dan tercampur dengan debu, sehingga kualitas dari bubuk toner menjadi tidak baik saat mencetak. limbah ini termasuk berbahaya bila terhirup oleh manusia, jadi hati-hati dalam menanganinya.

Sebenernya cukup aman jika Anda tidak mencoba untuk membuka cartridge dari jenis printer ini. cartridge juga merupakan limbah yang akan dihasilkan oleh printer jenis laserjet ini. biasanya setelah isi cartridge habis, kita direkomendasikan untuk membuangnya kembali kepada vendor yang menjual printer tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*