Cara Save Gambar di Adobe Illustrator Agar Tidak Pecah

Cara save gambar di adobe illustrator agar tidak pecah

Saat kita ngedesain ilustrasi di adobe illustrator seringkali dibingungkan dengan save/export gambar. Pada dasarnya aplikasi adobe illustrator merupakan aplikasi desain berbasis vector. Vector itu jika di zoom tidak akan pecah meskipun objek desainnya kecil banget.

Tetapi hal itu masih jadi pertanyaan “bagaimana cara save gambar di adobe illustrator agar tidak pecah?”. Nah kali ini saya akan bahas caranya secara lengkap dan detail. Karena bagi saya gambar bagus di desain itu merupakan permintaan dari klien.

Faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya gambar salah satunya dari resolusi vector yang akan saya jelaskan lengkap dibawah. Sebelum ke caranya, saya jelaskan penyebab / faktor gambar tidak pecah.

Penyebab Gambar Tidak Pecah

Resolusi gambar

Faktor pertama yang harus diperhatikan yaitu resolusi gambar. Saat kalian mendesain sesuatu yang pasti hal pertama yang dilakukan adalah pengaturan kanvas atau artboard di adobe illustrator. Saat kalian setting kanvasnya, usahakan ukuran pixelnya diatas 1000 px. Karena semakin besar ukuran pixel gambar yang dihasilkan semakin bagus (HD).

Kualitas gambar

Saat akan save gambar di adobe illustrator di jpg dan png usahakan setting di high quality. Dengan kualitas gambar bagus, hasil gambar nya tidak akan pecah. Selain itu warna yang dihasilkan jauh lebih tajam.

Baca juga:

Cara Menyimpan / Mengekspor Gambar di Adobe Illustrator Agar Tidak Pecah

1. Buka aplikasi adobe illustrator, lalu klik file dan pilih new.

2. Setting pixel artboard atau kanvas dengan mengganti angka pada lebar (width) dan tinggi (height). Kalau desain persegi panjang biasanya saya pakai 3000 px (lebar) dan 2000 px (tinggi). Jika persegi 5000 px (lebar) dan 5000 px (tinggi). Tapi ini hanya patokan, tergantung dari kebutuhan desain yang diinginkan.

3. Scale desainnya sesuai dengan ukuran artboardnya dengan Ctrl + A untuk block desainnya, lalu klik alt + shift dan klik mouse kiri untuk tarik desainnya hingga sesuai ukuran kanvas.

4. Jika sudah selesai, untuk save desainnya menjadi gambar klik file lalu pilih export. Selanjutnya pilih format gambar antara jpg atau png.

5. Jika kalian menyimpan gambar dengan format jpg maka untuk setting gambarnya seperti ini.

6. Jika kalian menyimpan gambar dengan format png, maka setting gambarnya seperti contoh diatas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*