Cara Menghemat Baterai di Android 12

cara menghemat baterai di android 12

Sekarang ini teknologi handphone dari berbagai vendor berlomba-lomba untuk membuat baterai yang hemat dan awet pada device yang mereka. Apalagi untuk OS ada yang terbaru yaitu Android 12 di aplikasikan pada smartphone baru saat ini. Tetapi yang harus kalian tau, jika semakin tingginya OS semakin banyak memakan daya baterai.

Karena itu hampir semua hp menggunakan ukuran baterai minimal 5000 mah. Menurut saya meskipun kapasitas sudah sebanyak itu masih perlu untuk dioptimalkan agar bisa maksimal hemat daya baterainya. Dengan OS baru banyak fitur baru yang bisa kita manfaatkan.

Berikut saya paparkan cara menghemat baterai di Android 12. Langsung cek ya.

Cara Pertama Tanpa Aplikasi

A. Mematikan setting kecerahan otomatis

Sebenarnya, kecerahan otomatis biasanya memberikan cahaya lebih dari apa yang diinginkan. Lebih baik dirubah ke pengaturan manual untuk level kecerahannya. Dengan itu bisa menghemat baterai karena layar menjadi salah satu penyebab cepatnya baterai habis. Untuk caranya seperti:

  • Klik Pengaturan
  • Pilih Display (Tampilan)
  • Klik switch off pada kecerahan otomatis (adaptive brightness)

B. Membatasi aktivitas yang menguras baterai

Aktivitas yang dimaksud seperti menyalakan GPS, Bluetooth yang tidak digunakan jika terlalu lama dinyalakan bisa terkuras banyak karena memerlukan koneksi yang kuat dan terkadang tidak stabil. Sebaiknya jika tidak dipakai dimatikan saja dengan cara:

  • Scroll atas hingga muncul quick setting
  • Disitu banyak icon seperti GPS, Bluetooth, Mobile Data, Wifi
  • Untuk mematikan klik iconnya.

C. Menggunakan fitur battery saver

Android 12 memberikan fitur khusus penghemat baterai yang sudah dikembangkan dari versi sebelumnya dengan memberikan 3 macam mode, yaitu: extreme battery saver, battery saver, dan battery saver automatically. Berikut untuk mengaktifkannya:

Extreme battery saver:

  • Setting > battery > battery saver > extreme battery saver > when to use
  • Nanti akan muncul 3 pilihan seperti: an every time, always use, dan never use. Kalian pilih yang setiap waktu (every time)

Battery saver automatically:

  • Setting > battery > battery saver > set a schedule.
  • Setelah itu ada 3 pilihan seperti: based on your routine, based on percentage, dan no schedule. Kalian pilih based on percentage.
  • Lalu set persentase baterainya.

Battery saver:

  • Setting > battery > turn on battery saver.

D. Menjaga temperatur tetap stabil.

Temperatur bisa mempengaruhi daya baterai pada hp kita. Jadi sebagai pemilik smartphone selalu ingat untuk tetap memantau temperaturnya tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas (stabil).

Cara Kedua Menggunakan Aplikasi

A. Greenify

Greenify adalah salah satu aplikasi penghemat baterai populer.Karena itu fungsinya untuk membantu untuk mencegah aplikasi yang berjalan secara otomatis. Selain itu terdapat juga fitur modern bernama mode doze. Doze adalah fitur penghematan daya baterai.

Aplikasi Greenify memberikan dua opsi yang bisa digunakan yaitu versi perangkat root dan unroot. Tetapi dengan versi root bisa merasakan lebih fungsionalitasnya.

B. Naptime

Tidak seperti aplikasi penghemat daya lainnya, Naptime dibuat dengan fitur doze didalamnya agar memberikan aplikasi yang fungsional untuk smartphone kita. Pihak developernya juga mengklaim bisa membuat penggunaan baterai jauh lebih irit loh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*