Cara Membuat Garis Bantu di Adobe Illustrator

Cara Membuat Garis Bantu di Adobe Illustrator

Lanjut tutorial adobe illustrator di Mixartigo. Kali ini saya mau bagikan lagi tools yang membantu saat membuat desain di Illustrator. Tools yang dimaksud adalah smart guide atau gampangnya garis bantu. Selama ini tools smart guide sangat membantu saya dalam membuat project desain. Tahukah kalian? Tools yang dianggap “sepele” itu ternyata bisa berguna untuk merapikan desain yang kita buat. Sehingga bagus dan menjual kalau rapi.

Alasan saya bilang begitu, karena tools ini berfungsi untuk mengetahui titik tengah pada artboard pada kanvas. Dalam desain posisi yang presisi itu penting agar terlihat professional. Jika desain yang dibuat acak-acakan terlihat jelek bukan.

Nah agar terhindar dari kejadian seperti diatas, kalian bisa baca tutorial cara membuat garis bantu yang saya tulis dibawah.Cara Membuat Garis Bantu di Adobe Illustrator

Pertama, kalian tampilkan tools ruler atau smart guide dengan shortcut tekan Ctrl+R di keyboard hingga muncul penggaris seperti gambar diatasCara Membuat Garis Bantu di Adobe IllustratorKedua, Setelah muncul kalian tekan drag ke arah artboard nanti akan muncul garis warna biru. Nah garis ini yang akan membantu untuk merapikan desain kita. Usahakan untuk garisnya berada pas ditengah seperti gambar diatas.Cara Membuat Garis Bantu di Adobe IllustratorKetiga, kalian buka projek desain yang sekiranya masih belum rapi. Disini sebagai contoh saya menggunakan desain poster. Bisa diliat kalau objek dan text nya tidak presisi dan kurang enak diliat.Cara Membuat Garis Bantu di Adobe IllustratorKeempat, geser objek yang kita pilih sambil tekan Shift di keyboard agar lurus dan pas ditengah posisinya. Jika kalian memindahkan tanpa klik Shift akan mempersulit dan memakan waktu lama padahal merapikan bisa dengan cepat. Jika sudah rapi dan presisi selanjutnya tinggal save as (simpan). Mudah bukan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*