Cara Langkah Mengatur Jenis Kertas Pada Printer Properties

Epson Printer Properties

Pernahkah kita ingin mencetak hasil printer di jenis kertas yang berbeda, pada dasarnya kertas yang sering kita gunakan untuk kebutuhan printing adalah kertas HVS putih polos biasa yang memiliki ketebalan antara 60 sampai dengan 100 gsm saja. biasanya kita sudah tidak perlu lagi mengatur jenis kertas karena printer sendiri secara default sudah mengatur kertas yang digunakan adalah kertas HVS polos atau biasanya disebut plain paper.

Nah, sekarang saya coba tanya, apakah perlu mengganti setting jenis kertas (Paper Type/Media Type) yang digunakan untuk melakukan printing pada kertas berjenis kertas foto?

Yah tentu ini perlu agar hasil yang dikeluarkan oleh printer maksimal sesuai dengan jenis kertasnya. Saya akan mencontohkan beberapa langkah sederhana untuk mengatur jenis kertas pada printer Inkjet Epson dan printer Laserjet Fuji Xerox atau bisa juga disebut merek Brother.

Berikut langkah-langkahnya:

    1. Saya contohkan kita akan menge-print hasil ketikkan kita dari microsoft word. maka seperti biasa kita menuju ke menu tab File > Print
      Langkah Printer
    2. Lalu setelah melihat bagian ini pastikan dokumen yang akan dicetak sesuai.
    3. Pilih printer lalu klik printer properties di bagian bawah pilihan printer sebelumnya. seperti pada gambar.
    4. Setelah jendela baru terbuka, kita akan melihat menu yang banyak. kita fokus saja ke jenis kertas (Paper Type / Media Type)
      Epson Printer Properties
      Epson Printer Properties

      Fuji Xerox Printer Properties
      Fuji Xerox Printer Properties

 

  1. Lalu kita pilih jenis kertas di kolom dropdown yang sudah disediakan.

 

Fuji xerox media type
Fuji xerox media type

 

Epson Paper type
Epson Paper type

Setelah dipilih, klik OK pada bagian bawah jendela printer properties. setelah itu jendela akan tertutup secara otomatis.

 

Nah di sini, mungkin ada yang masih bertanya-tanya tentang jenis kertas.

  1. Plain Paper : Kertas HVS biasa yang sering kita gunakan untuk mencetak dokumen biasa, misalnya dokumen sekolah.
  2. Recycled Paper : Kertas daur ulang yang biasanya memiliki ketebalan 60 gsm. warnanya agak kecoklatan. biasanya digunakan saat kita ulangan di sekolah.
  3. Photo Paper : Jenis kertas yang akan menyerap tinta dan menghasilkan hasil print yang bagus dan mengkilap. biasanya penggunaan tinta untuk jenis kertas ini cukup banyak. dan proses printing menggunakan jenis kertas ini lebih lama dibandingkan dengan Plain paper.
  4. Matte : Jenis kertas matte.

 

Terimakasih sudah berkunjung, semoga membantu dan jika ada pertanyaan silahkan untuk memberi komentar di bawah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*