Arti Lampu Printer Warna Oren (Oranye) Berkedip-kedip

Bagi kita yang belum terbiasa menggunakan printer, terutama printer dengan jenis tinta cair atau saya sebut dengan printer inkjet. pasti memiliki beberapa kendala yang sebenarnya sederhana akan tetapi susah dicari solusinya di internet.

Sebenarnya beberapa printer sudah memiliki penjelasan masing-masing pada buku panduannya untuk mengartikan beberapa tanda seperti lampu berwarna oranye yang sering berkedip-kedip itu apa artinya. atau lampu power yang berkedip-kedip itu apa maksudnya.

Untuk printer sederhana biasanya hanya memiliki paling tidak 2 lampu indikator yang berwarna hijau maupun berwarna oranye. biasanya lampu berwarna hijau sebagai lampu indikator power yang artinya menyala jika lampu hijau hidup. sedangkan lampu oranye secara garis besar di setiap printer yang saya tahu adalah suatu tanda yang perlu diperhatikan.

Untuk printer yang memiliki beberapa fitur mungkin agak sedikit membingungkan. misal pada indikator wifi juga ada lampu yang menyala berkedip-kedip serupa dengan lampu oranye yang biasanya.

Nah yang akan saya jelaskan hanya lampu berkedip-kedip yang berwarna oren. jadi apa maksudnya. dari yang saya tahu maksud dari lampu ini memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Printer sedang melakukan head cleaning. biasanya printer yang lama tidak digunakan dalam beberapa waktu akan otomatis melakukan head cleaning di saat pertama kali dinyalakan lagi. ini normalnya bisa kita tunggu dari 5 menit hingga 15 menit.
  2. Printer kehabisan tinta. jika printer kehabisan tinta. maka lampu oranye ini akan berkedip-kedip agar kita bisa mengisi ulang kembali tinta yang sudah habis. atau mengganti cartridge.
  3. Kehabisan kertas pada paperfeed. biasanya akan berkedip berkali-kali hingga kita masukkan kembali kertas kosong pada paperfeed dan menyentuh tombol teruskan/lanjut.
  4. Printer telah penuh kapasitas sampah tintanya. biasanya jika kapasitas dari penampung tinta bekas sudah penuh, printer harus segera diservice. caranya adalah dengan mengganti busa yang ada di bak penampungan yang biasanya ada di bagian bawah printer. tanda jika bak ini penuh adalah akan terlihat bocornya cairan tinta berwarna hitam yang berasal dari bawah printer.

Biasanya jika dalam hal yang sulit, saya melakukan reset printer saja menggunakan software. tapi hati-hati dalam penggunaan software resetter yang ada di internet, penggunaan yang salah malah akan memasukkan perintah yang menyebabkan printer error.

Semoga informasi ini dapat membantu anda. jika ternyata dari keempat yang saya sebutkan di atas bukan merupakan penyebab printer anda berkedip-kedip, saya sarankan untuk mencari tahunya ke tukang service atau ke service resmi printer yang bersangkutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*