Apakah bisa tinta printer beda merek?

Printer
Photo by Pierre Bamin on Unsplash

Mungkin bagi anda yang baru memiliki printer baru di rumah atau kantor anda dan ternyata printer anda kehabisan tinta sementara tinta yang tersedia adalah untuk merek printer lain, pernahkah berpikir untuk mencoba tinta tersebut pada printer yang tidak sama mereknya? pernahkah anda ragu untuk mengisinya karena takut beberapa hal yang disampaikan vendor dari si penjual printer yang mengharuskan anda membeli tinta original?

  • apakah bisa menggunakan tinta printer merek lain?
  • apakah jika menggunakan tinta merek lain akan merusak printer?
  • bagaimana hasil dari penggunaan tinta merek lain pada printer?
  • apakah menggunakan tinta murah dapat merusak printer?

Memang ada baiknya juga untuk anda yang baru menggunakan printer dan printer nya sendiri masih dalam masa garansi untuk menggunakan tinta original. karena penggunaan tinta non original dapat menghanguskan garansi dari penjual printer. yang menurut saya sendiri itu memang penting untuk garansi di mesin dan elektronik mekanik yang ada printer. saya sendiri berani menggunakan tinta printer non original setelah penggunaan mencapai satu tahun lebih.

Disini saya akan menjawab pertanyaan anda apakah printer yang kita gunakan dapat menggunakan tinta dari merek lain? tentu jawabannya adalah bisa, tapi dengan beberapa syarat tertentu, tentu kita walaupun menggunakan tinta merek lain tetapi hasil dari printing setidaknya sesuai dengan warna yang ingin dicetak. yah kelemahan dari menggunakan tinta merek lain itu biasanya hanya di pencocokan warna yang berbeda dari hasil original tinta printer tertentu.

Perbedaannya paling terasa misalnya di ketajaman warna, jika sebelumnya menggunakan tinta original warna dari hasil printer misal terlihat lebih terang, bisa jadi setelah menggunakan tinta merek lain, warna malah menjadi lebih gelap. atau sebaliknya yang asalnya gelap tajam menjadi bias terlalu terang pada gambar. hal ini tentu akan membuat kita kaget dan merasa harus merubah tintanya kembali ke original. tapi tunggu dulu hal ini wajar.

Untuk mengatasi hasil printing yang terlalu gelap dan atau terlalu terang dapat kita sesuaikan dengan mengatur gambar kita di dalam software yang digunakan. misalnya di Photoshop kita bisa mengatur gelap terang dan ketajaman kontras warnanya untuk disesuaikan dengan hasil cetak nantinya.

Untuk pertanyaan kedua, apakah pengunan printer merek lain akan merusak printer? kalau ini tergantung dari bahan apa yang terkandung dari tinta merek lain. tapi sejauh ini saya menggunakan  tinta merek epson pada mesin canon maupun sebaliknya masih biasa saja belum mendapati kendala dan masih normal. tapi kalau anda mengganti tinta ke jenis minyak, itu beda lagi ceritanya dan resikonya saya akan jelaskan di artikel selanjutnya.

Untuk pertanyaan ketiga, seperti penjelasan sebelumnya, hasil dari penggunaan tinta non original dari pabrik printernya sendiri adalah hasil yang tidak sesuai dengan yang tampil pada layar, bisa jadi itu terlalu gelap, terlalu terang, terlalu kebiruan, kemerahan, atau terlalu kuning. tapi kadang hasilnya malah jadi lebih bagus ketika penggunaan tinta non ori.

Pertanyaan terakhir pada artikel ini adalah penggunaan tinta murah dan tidak original pada printer. tinta murah itu biasanya sudah dicampur dengan air lagi. sebenarnya sih tidak apa-apa menggunakan tinta murah, hanya saja tentu karena tinta ini bersifat curah dan kadang dibuat secara partai rumahan dan dikemas dalam botol-botol atau jerigen yang kurang seteril atau kurang bersih. tentu akan ada material dalam tinta yang akan masuk ke dalam sistem printer. yang kemungkinan besar dapat membuat printer mampet.

Ok sekian dulu untuk pertanyaan mengenai printer jangan segan untuk bertanya di sini. terimakasih

 

2 Comments

  1. Apakan tinta Epson bisa di pakai di printer Canon ? Bagaimana dengan perawatan printer tersebut ? Apakah seperti biasa atau ada tips khusus ? Trims atas atensinya.

    • Terimakasih pertanyannya

      Sebelumnya, ini maksudnya tinta isi ulangnya kan, bukan cartridge nya.

      Bisa saja, hanya saja kesesuaian warna dengan dokumen/gambar yang ada di layar monitor dan hasil print akan berbeda. Secara awam tidak terlalu kelihatan bedanya.

      Biasanya warnanya kemungkinan akan agak berwarna kemerahan, kebiruan, kegelapan, terlalu cerah atau kekuningan hasilnya, di sini bisa diakali pakai fitur keseimbangan warna dan kontras di app yg digunakan.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Apa bisa toner laserjet beda merek? - Mix Artigo
  2. Apakah bisa printer biasa mencetak pada kertas art paper? - Mix Artigo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*