5 Cara Membedakan Anakan Ayam Jantan dan Betina

5 cara membedakan anakan ayam jantan dan betina

5 cara membedakan anakan ayam jantan dan betinaDalam beternak ayam yang bertujuan untuk mengembangbiakkan anakannya (DOC) hingga siap dijual. Selama proses itu setelah menetas harus dipindahkan untuk dibesarkan. DOC yang sudah berumur 1-2 bulan mulai dipilih jantan dan betina yang bagus untuk proses kawinnya.

Pemilihan antara jantan dan betina yang kualitasnya bagus berfungsi untuk mendapatkan keturunan (anakan) ayam yang kondisinya tidak jauh berbeda dari pertumbuhannya yang cepat, posturnya, fisiknya, dll. Itu bisa dilakukan pada umur 0-2 minggu.

Proses selektif pada jenis kelamin ayam perlu untuk mengetahui perbedaannya apalagi jika masih anakan yang susah kalau dilihat secara singkat. Agar bisa memilih secara tepat ada cara atau langkah-langkah yang harus diketahui. Kalian bisa cek dibawah.

1. Belakang telinga5 cara membedakan anakan ayam jantan dan betinaMetode dengan melihat bagian belakang telinga bisa menjadi acuan juga. Bagian tersebut terdapat kulit ukurannya kecil. Jika di kulitnya lebih lebar kelaminnya bisa dipastikan jantan. Sedangkan kulitnya lebih sempit maka anakan betina.

2. Melihat bentuk bulunya

Dengan melihat bulu pada anakan ayam bisa mengetahui jenis kelamin jantan dan betinanya. Bulu yang dimaksud disni adalah yang terdapat pada sayap. Bulu sayap yang panjang berarti jenis kelaminnya betina sedangkan jika pendek maka ayam anakan tersebut jantan.

3. Diamati sifatnya

Ayam memiliki sifat yang khas dari kecil secara nalurinya. Sifat ayam berbeda dari jenis kelaminnya. Jika anakan ayam itu dipegang kakinya, ditarik bagian atas leher malah memberontak berarti itu betina. Sebaliknya kalau diam dan tidak melawan maka ayam itu jantan.

4. Bentuk sayapnya

Selain tadi dilihat dari bulunya kalau ini dari bentuk sayapnya. Cara ini bisa membantu membedakan kelamin anakan ayam karena mudah diliat. Kalau bentuk sayapnya melengkung tetapi sejajar satu tingkat maka itu anakan jantan. Sedangkan sayapnya melengkung dua tingkat kelaminnya betina.

5. Melihat langsung bagian kelaminnya

Cara yang terakhir memilliki tingkat keakuratan sebesar 90% untuk mengetahui perbedaannya. Di bagian dubur atau anus dengan meleberkan menggunakan jari. Jika di daerah tersebut terdapat bintik kecil memanjang maka bisa dipastikan anakan jantan. Jika tidak ada bintik kecil di daerah dubur merupakan ayam betina.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*